Minggu, 03 Mei 2015

ELLY DE WAARD - O aneh, kehidupan menjadi aneh





*

O ANEH, kehidupanku menjadi aneh
saya tidak mengenal impianku lagi

saya bayangkan salju di atas tegel marmer
begitu sunyi dalam rumah, begitu putih

saya menyapu dedaunan di kebunku
dan bulan separuh bersinar dan separuhnya

samar dan aku tetap berpikir tentang dia,
terus menyapu dan berpikir - ketika itu

aku bersandar di sebuah pohon,
pohon tua, pohon kastanye

dan Spanyol merasuk dalam diriku,
kebersamaan kita di sana dan kusentuh

kulit pohon dan aku merasakan luka
telah menutup, urat daun, pertumbuhan

otot dan semua bekas goresan,
seluruhnya telah berlumut tipis -

dan tiba tiba saya terkesimak
bahwa tanah bisa menjadi kayu

dari proses bebijian, dan juga tanah
berfermentasi dari guguran daun

tanpa asap, dan tiap kali proses berubah,
menakjubkan



Terjemahan: © Siti Wahyuningsih dan Albert Hagenaars
03-05-2015







*

O VREEMD werd mijn leven, vreemd
ik herkende mijn dromen niet, het leek

of er sneeuw lag in de marmeren gang
zo bedeesd was het in huis, zo wit

ik harkte in de tuin de blaren
en de maan was half en licht en

omfloerst en altijd dacht ik aan haar
en dacht ik en harkte ik maar – toen

leunde ik tegen een boom
een oude, een kastanje was het

en Spanje kwam in mij op, hoe het daar
was en ik raakte het schors aan met

mijn handen, voelde de dicht
gegroeide wonden en de nerven, de spieren

van het groeien en de oude
kerven, alles was licht bemost –

en plotseling verwonderde ik mij
er over dat aarde hout kon maken

uit een programma’tje van zaad
dat zij rook groen loof stookt en telkens

anders ook nog, het leek mij opeens
ongelooflijk



Eenzang twee
Penerbit: De Harmonie, Amsterdam, 1993
Photo penyair: Loek Anderson
Desain sampul buku: Mieke Gerrtizen



www.alberthagenaars.nl


Tidak ada komentar:

Posting Komentar