Jumat, 30 Desember 2016

PAUL GELLINGS - Gereja Yahudi di kota Enschede




GEREJA YAHUDI DI KOTA ENSCHEDE

Sering kali aku berjalan dalam kota ini
dan kemudian pergi ke Prinsestraat
aku tak bisa berhenti karena
disana surga terletak di atas landasan

gemerisik pohon linde
membising disini semua suara lalu-lintas kota
gemirisik mengayunku sekali dalam mimpi
dan siapa daku aku tak tahu lagi

depan pintu berdiri seorang lelaki
yang berkata: dimana putraku
isteri dan putriku sudah kembali
tahukah seseorang dimana aku tinggal?

Aku telah berjalan berhari-hari
dan selalu menuju kesini
beri aku jawaban atas pertanyaanku
aku terlalu lelah dan tak mau berjalan lagi

atau diam tetapi bebaskan
isteri dan anak-anakku
disini aku berdiri dan membungkuk, tanpa dendam
dalam ketelanjanganku di hadapan singgasana Mu



Terjemahan: © Siti Wahyuningsih dan Albert Hagenaars
30-12-2016







DE SJOEL VAN ENSCHEDE

Vaak wandel ik door deze stad
en ga dan naar de Prinsestraat
ik kan het maar niet laten omdat
daar de hemel op een voetstuk staat

het ruisen van een lindeboom
overstemt er alle stadsverkeer
het wiegde mij laatst in een droom
en wie ik was wist ik niet meer

voor de deur stond een gebogen rug
een man die zei waar is mijn zoon
en zijn mijn vrouw en dochter terug
weet iemand waar ik woon?

Ik wandelde al vele dagen
en kwam steeds hier naartoe
geef antwoord op mijn vragen
ik ben het wandelen moe

of zwijg maar spaar mijn lief
mijn dochter en mijn zoon
hier sta ik, buig ik, zonder grief
in mijn naaktheid voor Uw troon



Café Egidius
Penerbit: Passage, kota Groningen, 2016
Photo penyair: © Pieter Gellings
Desain sampul buku: Myrthe Heuzinkveld



www.alberthagenaars.nl


Tidak ada komentar:

Posting Komentar