Jumat, 18 Maret 2016

MARIA VAN DAALEN - Siapakah anda, orang gila





*

Siapakah anda, orang gila, aku adalah penulisku.
Aku selalu bisa mengatakan sendiri,
aroma dari tuhan dalam sebuah kata.

Bertahun-tahun lamanya aku telah nyata
tanpa indera, tapi aku makan tanah;
hatinya berdegup dalam tenggorokanku.

Begitulah caraku dalam hidup baru:
malam dimulai. Disekitarku membelah
dinding, sel-sel

saling menarik, tubuh,
nama. Di bawah hati
tumbuh ubun-ubun tengkorak

dan mengisiku dengan darah.
Kata, meloncatlah dari bibir. Aku
bebaskan diriku penuh kehidupan.



Terjemahan: © Siti Wahyuningsih dan Albert Hagenaars
16-03-2016







*

Wie is u, gek, ik ben mijn schrijver.
Ik kan mij altijd vertellen,
de geur van een god in een woord.

Jarenlang was ik werkelijk
zinneloos, maar ik eet aarde;
haar hart klopt in mijn keel.

Zo treed ik in: de nacht begint.
Om mij heen breken
de wanden, de cellen

trekken zich samen, een lichaam,
een naam. Onder het hart
groeit de kom van een schedel

en vult mij met bloed.
Woord, spring van de lippen.
Ik maak mij levend los.



Onder het hart
Penerbit: Querido, Amsterdam, 1992
Photo penyair: Koos Breukel
Desain sampul buku: Barbara van Dongen Torman




www.alberthagenaars.nl



Tidak ada komentar:

Posting Komentar